Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa dengan Polylang untuk menerjemahkan situs WordPress dalam berbagai bahasa atau situs WordPress multibahasa. hal pertama yang perlu di lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin melalu dashboard WordPress.

Plugin ini tersedia gratis. Plugin juga memiliki plugin versi premium untuk fitur yang jauh lebih lengkap. Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Languages untuk mengkonfigurasi plugin.

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang

Kita perlu menambahkan bahasa standar, serta menambahkan semua bahasa lain untuk pengguna, tambahkan sesuai dengan kebutuhan. contoh hanya menambahkan dua bahasa, yaitu bahasa indonesia dan english. Setelah menambahkan bahasa, beralih ke tab ‘Strings Translations‘. Di sini kita bisa menerjemahkan judul situs, deskripsi, dan kemudian memilih format tanggal dan waktu. Langkah terakhir dalam konfigurasi tab Settings. Ini adalah di mana kita dapat memilih bahasa default untuk situs Anda dan pengaturan teknis lainnya.

Membuat Konten Multibahasa di WordPress

Plugin Polylang membuat pengguna yang menginginkan situs mereka menjadi multibahasa yang super mudah untuk menambahkan konten dalam bahasa yang berbeda. cukup membuat posting baru / halaman atau mengedit yang sudah ada. Maka anda akan melihat meta box untuk pengaturan bahasa pada sebelah kanan dari area editor WordPress.

Bahasa default secara otomatis akan dipilih, sehingga dapat menambahkan konten dalam bahasa default, dan kemudian menerjemahkannya ke bahasa lain. Untuk menerjemahkan, hanya perlu untuk mengklik pada tombol + di samping icon bendera dan kemudian menambahkan konten untuk bahasa tersebut. Ulangi proses untuk semua bahasa. Setelah Anda selesai, Anda dapat mempublikasikan artikel post maupun halaman yang sudah anda terjemahkan.

Baca Juga  Cara Setting Plugin WP Super Cache

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang

Menerjemahkan Kategori, Tag, dan Taksonomi

Kita juga dapat menerjemahkan kategori dan tag, atau taksonomi kustom yang di gunakan. Jika ingin menerjemahkan kategori, silahkan masuk ke Pos » kategori. Menambahkan kategori dalam bahasa default dan kemudian klik pada icon plus untuk setiap bahasa untuk mulai menambahkan terjemahan.

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang

Menampilkan Multi Language Switcher di Situs WordPress

Menambahkan switcher bahasa berguna untuk pengguna memilih bahasa ketika melihat situs. Silahkan masuk ke menu Tampilan » Widget dan menambahkan widget switcher language pada sidebar atau pada area widget yang tersedia.

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang

Anda dapat memilih drop down, atau menampilkan nama bahasa dan bendera. Setelah Anda selesai, klik tombol save untuk menyimpan pengaturan widget. Sekarang dapat melihat situs Anda sudah menjadi multibahasa, dan untuk perbedaan bahasa, anda bisa memilih di menu dropdown atau klik pada bahasa.

Cara Membuat Website WordPress Multibahasa Dengan Polylang di atas adalah tutorial dalam membuat website WordPress multibahasa dengan plugin Polylang yang mudah dan gratis, silahkan Anda coba dan semoga bermanfaat.